Soal-soal dan jawaban



UJIAN TENGAH SEMESTER SISTEM MANUFAKTUR


1.      Sebuah perusahaan percetakan memiliki 2 buah mesin percetakan. Masing-masing mesin memiliki kemampuan untuk mencetak majalah 50.000 halaman kertas A4 per jamnya. Waktu setup dari mesin tersebut adalah 0,5 jam. Diasumsikan hanling timenya adalah 0. Pada suatu saat, perusahaan tersebut mendapatkan order cetak 100000 buku ukuran kertas A4 dengan masing-masing buku memiliki 100 halaman yang berbeda. Perusahaan tersebut memiliki jam kerja sebesar 8 jam per shift, 1 shift per hari, 5 hari per minggu. Perusahaan tersebut memiliki tingkat utilisasi 95%. Berapa hari order tersebut dapat terselesaikan order tersebut bisa terselesaikan oleh perusahaan percetakan itu?
2. Sebuah perusahaan manufaktur yang memproduksi boiler,mempunyai jadwal tetap per tahunnya kerja (set-up dan running) selama 360 hari dan 5 hari dialokasikan waktu untuk shut down pabrik dalam rangka perbaikan dan perawatan mesin.berapakah tingkat availability dari pabrik tersebut per tahunnya?

            Jawaban

Disini download



UJIAN TENGAH SEMESTER PPC

Sebuah perusahaan manufaktur furniture membuat kursi-kursi berdasarkan bahan sebagai berikut:
Rakitan kaki, Rakitan Belakang dan Alas kursi. Rakitan kaki terdiri dari 4 palang kaki dan 4 kaki , untuk Rakitan belakang terdiri dari 1 bagian belakang dan 4 penyangga, sedangkan untuk Alas Kursi hanya dibutuh 1 oleh kursi.
Tingkat on hand inventory dan lead time tiap bagian sperti dalam table di awah ini:

On Hand Inventory
Lead Time
Kursi
Rakitan kaki
Rakitan Belakang
Alas Kursi
Palang
Kaki
Bagian Atas
Penyangga
100
50
25
40
100
150
30
80
1
2
1
3
1
1
2
2
Perusahaan akan memproduksi 500 kursi pada minggu ke-5 dan 300 pada minggu ke-6, :
a.       Buatlah perencanaan bahan untuk seluruh bahan
b.      Buat lah MRP report
c.       Apa pengaruhnya apabila jadwak induknya berubah menjadi 300 kursi pada minggu ke-5 dan 400 pada minggu ke-6 ?
d.      Misalkan di perlukan waktu 2 jam untuk merakit  rakitan belakang, 1 jam untuk merakit rakitan kaki dan 3 jam untuk merakit kursi. Anggaplah total waktu yang tersedia untuk ke 3 macam perakitan dibatasi sampai 1000 jam/minggu, apakah pembatasan kapasitas akan menyebabkan penyumbatan(bottleneck) pada proses perakitan? Jika ya, apa yang dilakukan?

a    Jawaban download disini

       download

     UJIAN TENGAH SEMESTER PENJADWALAN

 
    CV Maart memiliki lima pekerjaan yang akan diproses dengan menggunakan suatu pusat kerja yang sama. Data waktu proses dan kapan pekerjaan yang bersangkutan harus selesai ditunjukkan dalam table berikut ini. Diasumsikan kedatangan pekerjaan secara berturut-turut adalah A, B,C, D, dan E.
Pekerjaan
Lama Proses
Jadwal Selesai
A
10
15
B
6
10
C
11
21
D
12
18
E
9
16
  
     Buat lah pengurutan pekerjaan berdasarkan FCFS, SPT dan EDD serta hitunglah:
1   .      Rata-rata waktu penyelesaian pekerjaan
2   .      Rata-rata waktu keterlambatan
3   .      Rata-rata jumlah pekerjaan dalam system

UJIAN TENGAH SEMESTER EKONOMI TEKNIK 

 
  1.   . Perusahaan KUMAKUMA mempertimbangkan investasi pembelian peralatan untuk pengembangan produknya. Modal yang tersedia adalah 800 juta rupiah dengan MARR 20%. Kebutuhan investasi, perkiraan aliran kas dan informasi lainnya dapat dilihat pada tabel berikut.
Alternatif
Investasi
(juta rupiah)
Pendapatan tahunan
(juta rupiah)
Pengeluaran tahunan
(juta rupiah)
Umur
(tahun)
A
200
100
20
7
B
500
160
35
8
C
400
280
30
5
D
300
120
20
6
E
250
190
30
7
a.     Gambarkan cash flow diagram untuk setiap alternatif!
b.     Tentukan alternatif terbaik dengan menggunakan analisa present-worth (nilai sekarang)!

2.   Perusahaan JAYANEGARA sedang mempertimbangkan 2 sistem material handling dengan yang baru. Sistem konvensional bisa dipakai 5 tahun lagi dengan nilai sisa 10 juta, dengan ongkos perawatan 30 juta per tahun. Sistem modern dapat dibeli dengan harga 250 juta (ongkos perawatan 10 juta per tahun) dengan masa pakai 10 tahun dengan nilai sisa 10 juta (tanpa ongkos perawatan). Dengan MARR 15% bandingkan kedua alternatif?

UJIANTENGAH SEMESTER SIMULASI

Nama Matakuliah            : Simulasi Sisten Industri
Waktu Ujian                      : 60 Menit
Sifat Ujian                           : Tutup Buku
Dosen                                   : M . Fazri Pasaribu, ST,MT

UJIAN TENGAH SEMESTER   

     DA electronic adalah sebuah perusahaan yang mengembangkan produk smartphone. Perusahaan ini tengah mendesain produk smartphone baru. Investasi untuk produk baru ini dimasukkan ke dalam anggaran semester 1 yaitu antara januari 2010 sampai juni 2010. Saat ini perusahaan tengah mempertimbangkan apakah harus menginvestasikan sebesar 1 juta USD atau 2 juta USD pada bulan januari 2010 ini. Namun demikian, dari pihak produksi masih belum bisa memastikan apakah produk smartphone yang baru itu dapat diselesaikan pada bulan juni 2010 sesuai rencana. Berdasarkan perkiraan perusahaan, apabila 1 juta USD diinvestasikan pada bulan januari 2010, maka kemungkinan produk baru tersebut bisa diluncurkan ke pasar pada bulan juni 2010 sebesar 60%, sedangkan jika 2 juta USD dikeluarkan sekaligus pada bulan januari 2010, maka penyelesaian produk baru tersebut diperkirakan menjadi lebih cepat sehingga kemungkinan produk dapat dipasarkan pada bulan juni sebesar 80%. Berdasarkan evaluasi ekonominya, jika sampai bulan juni 2010 produk tersebut belum selesai, maka diperkirakan DA electronics harus mengeluarkan uang tambahan sebesar 2 juta USD untuk memastikan bahwa produk tersebut selesai pada bulan Oktober 2010. Bulan oktober ini adalah batas waktu yang ditetapkan pleh pihak marketing untuk peluncuran produk ini. Jika melebihi oktober, berdasarkan analisis marketing produk ini akan sulit mendapatkan pasar, sehingga tidak menguntungkan untuk dipasarkan dan proyek ini dianggap tidak selesai sehingga produknya tidak diluncurkan.
DA electronics mempunyai competitor utama, yaitu Cyber Inc, yang saat ini sedang membuat produk sejenis. DA electronics memperkirakan Cyber Inc akan meluncurkan produk barunya pada bulan juni 2010 atau oktober 2010. Apabila DA electronics dan Cyber Inc meluncurkan produknya pada saat yang sama, diperkirakan keduanya akan memperoleh revenue yang sama yaitu masing-masing 3 juta USD. Sedangkan apabila launching produknya berbeda, maka perusahaan yang meluncurkan produknya lebih awal diperkirakan akan menguasai pasar dengan total revenue diperkirakan sebesar 5 juta USD, sedangkan perusahaan yang lebih lambat waktu peluncurannya diperkirakan dapat memperoleh total revenue sebesar 1 juta USD.
a.       Buatlah Model  untuk menggambarkan masalah yang dihadapi oleh DA electronics. Tentukan informasi apa saja yang ada.
b.      Buatlah decision tree untuk masalah ini dan tentukan optimal policy-nya!
     



UJIAN AKHIR EKONOMI TEKNIK
     

  1.     Pemerintah desa berencana membangun pasar desa. Biaya tukang sekitar 25 juta dan biaya material bangunan sekitar 150 juta. Biaya perawatan pasar sekitar 17,5 juta per tahun. Jika pendapatan pasar pada tahun pertama sebesar 18 juta dan meningkat sebesar 3,5 juta pada setiap tahunnya selama 12 tahun, tentukan B/C pembangunan pasar jika biaya modal yang ditanggung sebesar 4% per tahun.
  2.   Sebuah jembatan kampong direncanakan akan dibangun dengan biaya 2 juta. Jembatan ini diproyeksikan bisa bertahan hingga 20 tahun. Biaya perawatan sebesar 180 ribu per tahun. Keuntungan bagi warga diperkirakan sebesar 900 ribu per tahun. Selian itu, pembangunan jembatan juga akan memperkecil jalur air yang membuat kerugian warga sebesar 250 ribu per tahun. Jika tingkat pengembalian yang diharapkan sebesar 10%, berapa B/C proyek ini?
  3.       Sebuah perusahaan berencana membeli mesin baru seharga 12,69 juta. Mesin ini mampu menghemat            pengeluaran sebesar 1,5 juta per tahun. Jika salvage mesin sebesar 250 ribu di akhir tahun ke-12,             apakah pembelian mesin ini layak dilakukan jika MARR=6%? Analisis dengan metode B/C

UJIAN AKHIR SIMULASI SISTEM

        
 
1.        KOI Factory memproduksi dua produk, yaitu meja besi dan kursi besi. Bahan baku yang digunakan adalah besi utuh yang dipotong-potong. Bahan baku datang setiap setengah jam, sejumlah 7 untuk bahan baku meja dan sejumlah 4 untuk bahan baku kursi. Satu meja membutuhkan 7 bahan baku dan satu kursi membutuhkan 4 bahan baku. Urutan proses pembuatannya sebagai berikut :
   Ø  Meja    : pengelasan – pengukuran – pembentukan
   Ø  Kursi   : pengukuran – pembentukan – pengelasan
Lama proses untuk kedua produk sama, yaitu :
ü  Pengukuran          : konstan 1 menit
ü  Pembentukan       : triangular (30,40,50) menit
ü  Pengelasan           : normal (20,5) menit
Produk dijual dalam bentuk paket (1 meja dan 2 kursi), jadi produk dikelompokkan dalam paket-paket sebelum dipasarkan. Berapa jumlah produksi dalam satu hari jika tersedia 8 jam kerja.
Nb : jumlah pegawai pengukuran 1 orang, pembentukan 3 orang, pengelasan 2 orang (masing-masing pegawai dapat mengerjakan satu produk). 
2.        KOI Hospital memiliki 5 orang dokter, terdiri atas 3 dokter ahli dan 2 dokter muda. Dokter ahli dapat menangani pasien biasa dan pasien darurat, sedangkan dokter muda hanya menangani pasien biasa. Pasien biasa datang dengan perbedaan rata-rata 15 menit dan pasien darurat datang dengan waktu kedatangan rata-rata 75 menit. Pasien biasa akan diperiksa oleh satu dokter selama triangular (5,7,11) menit. Kemudian akan mengambil obat dan membayar di kasir dengan waktu uniform (2,3) menit. Tetapi, 10% pasien biasa setelah diperiksa ternyata pasien tersebut adalah pasien darurat sehingga harus diperiksa lagi. Sedangkan pasien darurat akan langsung diperiksa dokter ahli selama normal (20,2) menit. Kemudian dilakukan operasi selama normal (30,3)menit oleh dokter yang memeriksanya. Setelah itu pasien akan dirawat selama 1 hari, kemudian bisa pulang setelah membayar. 40% pasien darurat hanya memerlukan terapi dari dokter yang memeriksa kemudian membayar dan pulang. (dokter ahli akan mendahulukan pasien darurat, pembayaran di kasir dilayani oleh 1 orang kasir). 
  3.        KOI Library adalah perpustakaan yang meminjamkan buku. 2 orang datang ke perpustakaan dengan jarak kedatangan rata-rata 3 menit, untuk meminjam buku. Sedangkan orang yang akan mengembalikan buku, datang dengan selisih kedatangan rata-rata 5 menit. Sebelum meminjam, orang akan melihat-lihat dulu buku yang ada dengan waktu uniform (20,30) menit. Kemudian melakukan proses peminjaman pada administrator dengan waktu triangular (2,3,5) menit. Tidak semua orang yang melihat-lihat akan meminjam, hanya 70% yang akhirnya meminjam dan lainnya pulang. Sedangkan orang yang akan mengembalikan, melakukan proses pengembalian pada administrator selama normal (7,1) menit. Setelah mengembalikan buku, 50% orang akan meminjam lagi, 30% orang hanya melihat-lihat terus pulang, sedangkan 20% sisanya akan langsung pulang. (Jumlah administrator 4 orang).
4.        KOI Offset menerima jasa penjilidan buku. Proses penjilidan dapat ditunggu (membutuhkan waktu normal (10,1) menit) sehingga pelanggan dapat memeriksa setelah proses penjilidan selesai. 10% dari seluruh hasil penjilidan mengalami kesalahan sehingga ketika diperiksa oleh pelanggan, pelanggan meminta untuk dibongkar dan dijilid ulang. Proses pembongkaran membutuhkan waktu normal (5,1) menit, sedangkan penjilidan ulang membutuhkan waktu triangular (4,5,7). Buku yang mengalami penjilidan ulang akan langsung diterima pelanggan dan kemudian dibayar dengan waktu triangular (2,3,4) menit. Kemudian pelanggan pulang.
Nb : terdapat 4 orang karyawan dan setiap karyawan melayani pelanggan mulai dari datang sampai pulang (penjilidan sampai pembayaran, dan pembongkaran jika perlu). Sedangkan waktu kedatangan rata-rata 4 menit.

            Yang diujiankan:
            Buatlah model Arena dari 4 kasus diatas di kertas sewaktu ujian dan untuk tugas dirumah anda bisa memasukan model tersebut ke software arena dan analisis output arena tersebut dan kirim via email ke fazri291171@gmail.com








Tidak ada komentar:

Poskan Komentar